thoughts on the appetizing food scene of Jogja

the Pop Culture Phenomenon: Lotek

In Random on December 1, 2010 at 9:32 am

Saya rasa kalau anda seperti saya -orang yang hobi bersantap di luar namun terkendala oleh budget constraint yang mencekik, maka anda akan menyadari bahwa saat ini sedang terjadi sebuah fenomena. Fenomena yang menandakan transisi perubahan budaya dari yang seblumnya dianggap sesuatu yang murah(an) dan tersingkir, hingga akhirnya sekarang menjadi sebuah budaya dapat dideskripsikan menggunakan kata yang paling sering digunakan untuk menggambarkan sebuah pop culture: cool!

Lotek, is cool.

Dalam dunia kuliner Jogja saat ini, bagi saya lotek adalah musik jazz. Ini sebuah musik yang di awal tahun 90-an dianggap sebagai sub-culture yang hanya digandrungi oleh kaum African American. Sebuah musik yang hanya tersentuh oleh segilintir kaum dan hanya mereka yang dapat menikmatinya. Sekarang? Lotek adalah Michael Buble. Jazz adalah sesuatu yang in demand. Hip. Cool. Begitu pula dengan lotek. Segala usia, segala umur, dari segala asal daerah, lotek telah berhasil menjalar ke seluruh masyarakat Jogja dan membuat mereka tersihir dengan rasanya. Lotek telah sukses menciptakan rasa nostalgia.

Ketika memikirkan dari mana nilai dari lotek ini berasal, saya semakin terkagum dengan fenomena kuliner yang ada. Bayam, kol, timun, sedikit tomat, yang dicampur dengan bumbu yang dibuat dari kacang goreng tumbuk, bawang putih, terasi, garam, kencur, dan daun jeruk, lalu ditaburi kerupuk dan ditambahkan tahu goreng atau bakwan. Ini sesuatu yang -seharusnya- murah. Tapi sodorkan harga 7 ribu per piring untuk lotek yang enak, dan orang pun tidak akan keberatan. Bahkan jika rasa dari lotek itu dahsyat, orang tidak akan segan membayar lebih dari itu. Ini merupakan sebuah hidangan yang benar-benar hanya dinilai berdasarkan rasa. Bagi yang menginginkan rasa terasi yang lebih tajam maka bisa menunjungi Lotek Sagan Bu Bagyo, yang menginginkan porsi yang besar bisa mencoba Teteg, atau yang lebih menginginkan dominasi rasa kacang maka lotek sebrang lotek Teteg (ini sedikit ambigu tapi saya lupa namanya, yang jelas enak) akan menjadi pilihan yang tepat. Bagi yang hanya dan hanya peduli dengan fakta bahwa yang dimakan nya adalah lotek sehingga tidak peduli di faktor lainnya, silakan menuju berbagai titik penjual lotek di Jogja yang begitu banyak jumlahnya.

Selalu ada sisi destruktif dari pop culture, fanatisme berlebih akan berubah menjadi sesuatu yang negatif. Kegilaan terhadap pop idol akan menghasilkan bias yang membuat mata kita menjadi buta. Begitu pula dengan lotek dan segala keunggulannya seperti rasa dan harga. Tapi yang mengherankan adalah persepsi masyarakat yang menganggap bahwa lotek merupakan sesuatu yang sehat. Sesuatu yang terbuat dari segenggam kacang goreng dan berbagai karbohidrat yang digoreng dengan segudang minyak seperti bakwan dan kerupuk, jelas bukan sesuatu yang sehat. Tapi apa peduli orang. Lotek telah berubah menjadi pop culture. Seberapa besar anda akan menuding berbagai pengaruh negatif dan betapa buruk kualitas musik dari seorang pop culture icon seperti Britney Spears misalnya, tidak ada yang akan mempedulikannya. Because she’s fuckin Britney Spears goddamnit!

Tanpa disadari lotek telah merasuki hidup saya. Sebanyak apapun saya berusaha meyakinkan bahwa lotek itu tidak sehat, bahwa rasanya biasa saja, lotek tetap akan ada. Dan saya tidak bisa menghindarinya.

All hail lotek bitches!

Dia idola baru saya.

Advertisements
  1. all hail lotek bitches!

  2. Surabaya GAK PUNYA loteeeeek!!!

  3. hahaha… headquarter of the bitchies!

  4. di depan kosku ada lotek enak, rame banget setiap hari. suatu hari, lotek depan kosku akan jadi terkenal dan masuk jogja gluttony. haha

  5. Lotek memang nikmaaaaaaaaat…… sayangnya kalau blum 2 porsi blum kenyang..

  6. Lotek sehat yan, at least lebih sehat daripada kebanyakan makananmu yg lain haha. hidup lotek. lotek enak ada di depan PKU.

  7. all hail lotek bitches! < nice quote

  8. Lotek yg lokasinya di sebrang Lotek Teteg itu namanya Lotek Hj. Sugeng…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: