thoughts on the appetizing food scene of Jogja

Snack Alert: Shihlin !

In Chinese on November 27, 2010 at 3:49 pm

Beberapa hari terakhir ketika melewati pertigaan Colombo saya selalu melihat baliho besar berisi promo salah satu penjual makanan baru yang ada di food court Ambarukmo Plaza. Namanya Shihlin. Dari yang saya baca di baliho tersebut, Shihlin ini menawarkan Taiwan street food. Seperti yang biasa saya lakukan setelah melihat iklan makanan yang menyolok mata dengan promo potongan harga, saya langsung menuju ke sana.

Seperti penjaja makanan di foodcourt Ambarukmo Plaza lainnya, Shishin menempati salah satu counter kecil di pojokan. Counter nya didominasi oleh warna merah dan tulisan nya memiliki sedikit aksen orientalis. Menu-menu yang ditawarkan menurut saya lebih seperti semi-snack dibandingkan dengan main course. Kawan saya Bimo yang sebelumnya sudah pernah mencoba di Jakarta menyarankan untuk memesan XXL Crispy Chicken yaitu dada ayam goreng tepung yang crispy ditaburi dengan bumbu khas Shihlin. Namun berhubung saya lapar, maka saya memesan versi rice box nya yang mereka sebut dengan ‘happy rice box’, yaitu nasi dengan beberapa potong crispy chicken ditambah dengan cold-tofu yang ditaburi century egg. Sedangkan kawan saya Geri memesan tempura rice box. 2 menu rice box ini yang terpampang di promo mereka.

Makanan kami datang dan saya pun mencicipi semuanya. Potongan crispy chicken nya enak; potongan nya cukup besar, renyah, dan bumbu yang ditaburkan memberikan rasa yang menjadikan crispy chicken ini ringan, seperti snack. Nasi nya lembek, bukan selera saya. Dan kalau boleh jujur cold tofu nya tidak penting.

Saya sedikit geli melihat wajah kawan saya Geri saa memakan tempura rice box yang dipesan nya dengan penuh kekecewaan. ‘Tempura’ versi Shihlin ini bagi Geri tidak lain hanyalah cireng seharga Rp18.000. Rasanya sangat tidak setimpal dengan harganya.

Namun harus saya akui ada sesuatu yang sangat menarik dari Shihlin. XXL Chicken Rice bersamaan dengan cold tofu dan kecap asin, bagi saya sesuatu biasa. Tidak ada yang menarik dari sepiring nasi dengan ayam tepung renyah. Apalagi jika teringat jaman dulu ketika ada fried-chicken boom di Jogja di mana semua orang berusaha menciptkan warung ayam goreng a la Kolonel dengan berbagai modifikasi yang tidak signifikan. Ini bagaikan film tahun 90-an yang terus diulang-ulang di televisi. Sesuatu yang klasik belum tentu tidak membosankan. Tetapi yang menarik adalah, sebagai suatu individual, entitas tunggal, yang dimakan begitu saja tanpa tambahan sebuah apapun, XXL Crispy Chicken merupakan sesuatu yang istimewa.

Bila XXL Crispy Chicken ini dimakan dengan semestinya -menurut saya- tanpa tambahan apa-apa, maka XXL Crispy Chicken ini berubah menjadi sesuatu yang sangat berbeda. Saya tidak bisa berhenti membayangkan menyelundupkan satu kantong besar berisi potongan XXL Crispy Chicken ke dalam teater bioskop sebagai cemilan sambil menonton sebuah film yang sudah saya nanti sekian lamanya. XXL Crispy Chicken Shihlin adalah snack yang sempurna. Sedikit berminyak namun tetap savory dengan daging ayam yang juicy bertabur bumbu yang gurih. Pop corn is so last week. Ditambah lagi XXL Crispy Chicken ini memiliki asumsi klasik makanan bioskop; comfort food -ringan, tapi berlemak. (FYI, satu keranjang besar brondong jagung memiliki kalori yang sama dengan 3 bungkus mie instan).

XXL Crispy Chicken dari Shihlin bagi saya adalah revelasi yang mengubah definisi klasik dari sebuah snack. Potongan dada ayam goreng renyah akhirnya mampu menggeser popcorn atau segala macam kripik kentang dari tahta nya. Lupakan nasi atau pendamping lainnya. XXL Crispy Chicken paling mantap dimakan sebagai mana mestinya. Sendirian. Tanpa tambahan apa-apa.

Mungkin sudah saatnya saya menonton film Harry Potter terbaru yang dihebohkan orang-orang.

Ticket for two please;  untuk saya, dan XXL Crispy Chicken tentunya.

Happy Rice Box

Cireng Rp18.000

Advertisements
  1. belum ntn harpot tah.. ckckck..
    *aku yo durung ding, hahaha

  2. wanjrot snacknya aja kek gitu, klo makan besar kek apa porsinya

  3. marakke ngelih…. =P~

  4. aih iaaaan ternyata shihlin udah nongol juga di bdg, hehehe aku siap berburu XXL chicken ah, eh tak link yo yan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: